Sushi Vinda terlalu Mewah buat Kakak..


"Kasihan Ayah sendirian"

4 April 2007

Kemarin Vinda bikin sushi lagi. Dulu ibu diajarin pertama sama temen Mashami Yamamoto dari Jepang, tapi belum lama ini bareng sama Rugun, Vinda, Vikra Ahimsa bikin lagi. Rugun yang bacain resepnya lagi. Makanya Vinda sekarang udah bisa bikin sendiri.

Caranya mudah kata Rugun: nasi jepang (kalau tidak ada, kata teman dari Jepang bisa pakai nasi biasa campur ketan sedikit) pas sudah mateng, ditambah sesendok cuka, gula garam. Siapkan isinya, bisa ikan salmon asap, potongan ayam atau daging, atau surimi, tambah dengan potongan sayuran bisa timun, daun bawang dll. Lalu tata di atas tilam bambu (krei bambu ukuran stop map), taruh seaweed/kertas rumput laut/sushinori, ratakan nasi di atasnya dan beri isi, persis bikin lontong, lalu gulung dengan tilam bambu biar padat dan potong yang cantik.

Untuk alas (makanan jepang yang terbuat dari nasi, diisi dengan ikan, sayuran atau apapun, lalu digulung dengan semacam kertas rumput laut dan dipotong-potong).

Pas Vikra ditawarin: Kakak, besok mau bawa sushi ke sekolah?"

Dia jawab agak ragu..., "Enggak ah bu..terlalu mewah" ! (mungkin dia tidak enak sama temen-temen dia, anak-anak ABG yang makannya biasa simpe macam sandwich).

Waktu diskusi ayah nggak bisa datang tgl 22 karena ticket tercancel, apakah mau jalan duluan ke Disneyland Paris atau tunggu ayah tapi kehilangan moment ke Disneyland? Vikra lama banget baru jawab, dan keluar kata-kata.. "Vikra nggak tahu, kasihan ayah jalan sendirian"!

Mengharukan..

(yunich1@yahoo.com)

Tidak ada komentar: