Mengantri 100 meter di Museum Anne Frank


Sabtu, 18 maret 2007

Vikra sms ke ayahnya sambil istirahat.

"Alow yah! Disini seru bgt! Kita abiz dr Anne Frank house. Skrg lg di body exhibition. Pameran ttg tubuh manusia dan pake tubuh manusi beneran!"

"Vinda lucu deh yah. Masa lagu kemesraan dibilang lagu "kepasrahan". Pas di Anne frank house tadi ibu nangis pas ngeliat diary asli anne frank. Vikra td juga sempat megang jantung asli manusia".

Museum Anne Frank yang terletak di Prinsegraght 293 di Amsterdam, cukup mengharukan. Anne Frank adalah gadis kecil Yahudi yang barus berusia 10 tahun mendapat hadiah buku harian saat ultah dan mulai rajin menulis sampai dia meninggal di kamp konsentrasi Nazi.

Anne Frank adalah salah satu korban dari politik anti Yahudi pada thn 1942an, maknya orang tuanya Otto Frank bertekad bersembunyi diatas gedung tua selama 2 tahun dengan 7 orang lainnya, termasuk 2 anaknya Anne frank, Margot dan istrinya. Diruang kecil 2 kali 3 meter itulah Anne frank bersembunyi, tidak keluar sama sekali, malam tidak ada cahaya dan hidup dengan tikus-tikut. Karena kebijakan anti yahudi, tidak membolehkan orang Yahudi main di taman, pakai sepeda, dan sekolahpun harus di tempat khusus. Mereka harus
pakai tanda bintang di dadanya.

Selama dipersembunyian, Anne Frank dan keluarganya dibantu oleh 4 orang asisten Otto frank, ayahnya.




(yunich1@yahoo.com)

Tidak ada komentar: