Ngejar Materi Sekolah Indonesia Sambil Nyeruput Teh Buah

Leiden, Senin 19 Feb 07

Hari ini gak ada acara, santai dirumah. Viva libur seminggu. Disini sekolah libur melulu, kali ini libur spring.

Pagi-pagi maem tempe goreng sama sambel bawang sedap banget rupanya, apalagi nasi mengepul...

Memanfaatkan waktu, mereka tiap pagi belajar pelajaran sekolah Indonesia. Karena pulang dari sini langsung test. Kelihatannya serius, moga-moga serius bener.

Tapi sambil belajar, biasa… manjanya keluar, minta dibikinin ibunya teh buah
rasa strawberry atau rasa tropical fruit, frambos, oranje, dll. Rasa teh buah di sini sedap…

Siang ditawarin ikut acara anak-anak di Leiden. Ada drama, ada bikin prakarya, bingo dll, tapi mereka memilih di rumah. Biasa, Viva berdua bercanda..sesekali sengol, kesel-keselan dan debat ini itu. Kadang Pijit-pijitan, ibunya dipijit gantian tapi sebentar-sebentar.

Program Young Leader/INIS baru Univ Leiden dibuka

Sore ibunya harus hadir ke resepsi/launching program young leader universitas leiden. Ini program nglanjutin INIS dulu. 10 mahasiswa/i datang. Lugu-lugu kelihatannya. Acara dirumah Snouck Hurgrunje. Dibuka rektor. Banyak malaikat-malaikat Leiden, ada prof
Stochof Yahudi yang jago lobi, ada Van Koningsveld profesor Islam in Europe, ada Prof Leon Buschen profesor muda ahli hukum Islam. Ayah dapat salam dari dia.

Sebelum berangkat sibuk ganti baju, anak-anak sibuk menilai, yang satu bilang bagus, yang satu enggak, jadi gonta-ganti berapa kali..kacau mereka, termasuk ibunya. Jadi pakai baju seadanya. Ketemu pak Muhajir atache pendidikan dan Kebudayaan KBRI yang ngasih calling visa untuk ayah dan anak-anak dating ke Belanda.

Resepsi berjalan biasa, minum-minum jus dan wine bagi yang mengkonsumsi. Snack kecil-kecil ada crackers pakai salmon, olive, haring, keju, dll. Ada anak baru ragu nanya; ini halal? Iya..pasti!

Pulang bubur ayam yang dibuat ibunya sore tadi sudah hampir habis tersantap. Enak katanya..Ada Lis dan Raisa juga. Mereka asik main PS. Wah. Gimana nih? Kekejar deadline
padahal..tapi ada tamu ya harus dihargai. Malam aja nanti begadang ngetik deh. Besok selasa waktu ketemu sama Annelies.

Hari ini dapat kabar pakde Sastro Adnan kakak kandung bapak meninggal dunia karena stroke. Pakde sastro adalah bapak mas Into atau Warsito Adnan ketua FPIS (front Pembela Islam Surakarta).

Ayah Viva pulang kampung akhirnya. Kasihan padahal, karena pasti waktunya sibuk. Tapi sukur bisa nyempetin.

Kami sholat Gaib jamaah dan nelp bapak/akung susah sekali. Selamat jalan pakde..tapi untung, pakde kembali dengan khusnul khotimah, sepulang haji dan habis nengok putra-putrinya.

(yunich1@yahoo.com)

Tidak ada komentar: