Museum Patung Lilin Madam Tussoud Amsterdam



By: Vikra Alizanovic

Sabtu, 17 Maret 2007

Di Madame Tussoud seru bgt. Ada banyak patung dari berbagai artis dan tokoh2 negara. Pertama kali masuk ada patung Johny Deep dan Julia Robert.

Waktu kita datang kesana, temanya lagi tentang Belanda pada masa revolusi. Menceritakan juga tentang perahu2, pelukis2 terkenal Belanda seperti Rembrandt, dll. Di sana juga lagi ada pameran Pirates of the Caribbean. Yang boleh masuk cuma 12+ Karena isinya terlalu seram dan sadis untuk anak kecil. Isinya ada seperti bajak laut2 yg disiksa, monster2 laut, dll.

Masuk kedalam lagi ada bagian tokoh2 negara seperti George W. Bush, Queen Beatrix (ratu belanda), Mahatma Gandhi, Dalai Lama, Nelson Mandela, Lady Diana, Anne Frank, Bill Clinton, Pelukis terkenal Salvadore Dali, Picasso dan Rembrandt.

Masuk ke tempat berikutnya, ada artis2 seperti Elvis Presley, Bob Marley (Vikra ikut main gendang disampingnya), Fredy Mercury, John Brown, Robbie William (ibu tiduran di sampingnya), Britney Spears, Jennifer Lopez, Madonna, Marylin Monroe, Charlie Chaplin, Michael Jackson. Masuk ke ruang berikutnya, ada Ronaldinho, David Beckham, Zinedine Zidane, ada juga Pavarotti (Vinda foto disampingnya paki wig), Eddy Murphy, Mona Lisa. Patung2 di Madame tussoud itu bener2 98% mirip. Mereka membuat detailnya sampai giginya, ubannya, kumisnya, dll

(Tambahan sedikit dari ibu: Madame Tussaud berasal dari nama perintisnya Marie Tussaud lahir di Perancis 1761-1850. Awalnya dia seorang housekeeper seorang ahli patung lilin Phillipe Curtius yang banyak bikin patung keluarga kerajaan. Tussaud merintis karyanya dengan membuat patung JJ.Rousseau dan Benjamin Franklin. Yang monumental, dia juga bikin patung lilin kepala tokoh-tokoh korban revolusi Perancis yang dipenggal oleh pisau gulloutine. Dia membuat modelnya langsung dari mayat kepala-kepala itu.)

Museum ini hanya ada di beberapa Negara; London, New York, Las Vegas, Amsterdam, Hongkong dan Shanghai. Lokasi Madame Tussaud di Amsterdam persis di Dam Square, jalan kaki 5 menit persis depan Central Statiun Amsterdam. Tiket masuk 19 euro untuk dewasa dan 14.50 untuk anak-anak dibawah 11 tahun. Sambil menunggu masuk di Madame Tussaud, kita bisa nyantai nunggu dihalaman pelataran, banyak burung merpati dan aneka robot/patung hidup. Ini gaya orang bule ngamen cari duit, dengan mematung dan berbaju unik, orang minta foto bareng bayar beberapa euro. Ada yang pakai baju kingkong, robot, badut dll).

(vikra_gelap@yahoo.com; yunich1@yahoo.com)

Tidak ada komentar: