Ke Makam Pelukis "Girls With Pearl Earing", di Delf

Minggu 18 Feb 07

Delf kota kecil, gak jauh beda dengan Leiden. Anak-anak sebetulnya sudah capek, tapi sepi sekali bus pada hari minggu. Kalau ada harus nunggu sejam sekali. Jadi terpaksa jalan pelan-pelan dan barang belanjaan dibawa sama ibunya. Mereka tersipu agak pekewuh, tapi daripada mereka ngelah-ngeluh, aras-arasen/males2an jalan.

Akhirnya bisa nyampai juga di Oude Kerk, Niew Kerk (gereja tua dan gereja baru). Gereja-gereja ini tempat pemakaman keluarga kerajaan dan tokoh-tokoh penting Belanda, salah satunya Vermeer pelukis terkenal dengan karyanya girl with pearl earing. Lukisan seorang maid/pembantu yang dikontraskan memakai anting-anting mutiara itu lo. Padahal kuping bertindik pada abad itu hanya untuk orang borjuis saja, apalagi anting mutiara. Jadi cukup
kontroversial sekali, sama seperti iklan Benetton united of color yang mengiklankan ibu kulit hitam menyusui bayi kulit putih. Kelas dan ras diacak.

Delf juga terkenal dengn blue ceramic nya, atau blue Delf. Keramik Delf sangat khas, berdasar putih dengan lukisan biru. Keramik delf ini juga menghiasi istana kasepuhan Cirebon. Dulu hadiah dari kerajaan Belanda, dan uniknya keramik itu bertuliskan asmaul husna (99 nama indah Tuhan). Pasti dipesan khusus tuh untuk upeti kali ya…

Home Sweet Home

Sampai rumah, agak capek, tapi mereka harus maem yang enak. Jadi, bikin soto. Vikra langsung komentar "Home Sweet Home".

Ibu tanya, maksudnya?

Dia balas: “Masak ibu nggak tahu?!”

(yunich1@yahoo.com)

Tidak ada komentar: