Museum and glass factory Hergiswil

Note: 2 foto (view area factory dan blowing glass) repro dari leaflet.
Hergiswil nama kota kecil 10 menit dari Luzern, berdiri glass factory "Glasi Hergiswil" sejak 1817, tertua kedua setelah Murano Italy. Area factory ini dipagari gunung tinggi persis seperti benteng natural buatan Tuhan, lalu digenangi telaga cantik dibelakangnya. Di area factory ini juga dibangun museum gelas/kaca, open factory yang bisa ditonton proses produksinya, phanomenales glass (area interaktif ttg kaca yang bisa disentuh), area main labirin kaca, kafe pinggir danau dan show room produk mereka.

Ini salah satu sudut museum, Glasarchiv (arsip glass) rak penyimpan produk ratusan tahun. Setiap satu model selalu disimpan satu untuk dimuseumkan. Sehingga kita dapati yang terkuno awal abad 20 sampai th 50-an karya Roberto Niederer penyentuh seni Hergiswil setelah pabrik ini hancur kena perang.

Museum ini kecil tapi efisien, semua gelap, dan pengunjung digerakkan oleh spot-spot sinar. Misalnya spot di foto ini adalah siluet cahaya untuk menjelaskan ttg awal ditemukannya gelas/kaca dari Mesir, yang pada waktu awalnya untuk piala atau gelas. Lalu berikutnya menjadi tradisi Italy di Murano dengan kekhasan warna-warni. Yang menarik jaman awal perintisan kaca di Murano, siapapun yang membocorkan rahasia pembuatan kaca akan dihukum mati.

Roberto Niederer dengan kreasi-kreasi artistiknya. Dalam museum itu juga ada sejarah perbudakan/eksploitasi pekerja di pabrik ini, perbedaan hidup feodal pemiliknya dengan pekerjanya, kontrol dan punishment yang direkam dalam buku "dosa" yang bisa kita lihat, suara demonstrasi para buruhnya, dan aneka visual yang simple tapi menarik.

Setelah keliling museum, kita diajak keluar dan rupanya sudah sampai balkon dengan tontonan dibawah pabrik gelas yang bisa kita lihat prosesnya dengan detail. Kalau membuat benda ber-rongga selalu dengan tehnik tiup. Misalnya bikin pot, gelas, botol, dll.Kita juga bisa meniup sendiri karya gelas/kaca kita dengan 15 FR (120 ribu) dan bisa kita bawa pulang hasilnya.Caranya persis seperti meiup balon dengan pipa.

Silahkan klik video dibawah ini untuk melihat pembuatan karya seni kaca termasyur di Swiss ini. Di video ini memakai tehnik cetak, simple dan sebentar banget, tapi harganya hampir 200 FR (2 juta rupiah). Dan ini salah satu karya orisinil Robert Niederer.Selamat menyaksikan...
>

Kenangan kecil dari Hergiswil buat mencerahkan gang jambu.

Tidak ada komentar: