Parenting from far away: sibuknya nyiapin sekolah Viva


Karena ibu harus balik ke Belanda (mengejar profesor yang mau libur panjang), terpaksa awal-awal sekolah Viva, ayah sendiri yang menghandle. Kacian ayah...tapi untung ayah sangat easy going. Yang jelas masa-masa penting saat Viva harus UAS dan UAN, Viva bisa didampingi ayah ibu, saat tegang-tegangnya dan sibuknya cari sekolah juga bisa kami lakukan sama-sama. Jadwal ini sudah jauh hari ibu buat dengan profesor (ibu dpt dispensasi dari beliau untuk on and off tiap 3 bulan sekali. Jadi program 4 tahun ini, kalau diitung-itung, ibu hanya 1,6 bulan di Belanda. Thank prof.Annelies Moors).
Pas Vinda sudah pasti dapat sekolah, dan Vikra juga sudah sudah dapat alternatif sekolah, ibu baru cabut lagi (untuk stay 3 bulan di Belanda). Tentu berangkat setelah membikinkan tumpeng ultah ci Kakak. Karena kebayang ayah akan handle sendiri, hal-hal yang sudah bisa dicicil, ibu siapin, seperti menyiapkan buku-buku,sampul,tas,dan hal-hal kecil pendukung sekolah, biar ayah fokus ke pendaftaran dll yang pasti menyita waktu.Tentu awal-awal sekolah sangat repot, dari daftar ulang, ngurus keperluan MOS dan tetek bengek krentil-krentilnya. Untungnya kami cukup terlatih untuk tetap optimal menjadi ortu walaupun 3 bulan sekali ibu di Belanda (atau sesekali ayah juga tugas ke luar negeri atau tugas luar kota agak lama). Beginilah komunikasi dari jarak jauh. Ini sms 3 hari pertama anak-anak di sekolah baru (yang privat-privat dan romantis disensor).

Tentang Vikra
Ayah: Ini lagi di kantor. Libur Minggu Senin. Tadi Viva dah pada ikut Ospek (MOS). Vikra seneng, jadi ketua kelompok. Beberapa seniornya sealmamater. Sore ini disuruh potong rambut kayak ayah (cepak). Nah!!
Ayah: Smalem badminton, pulang nemenin Vikra nyiapin macem-macem yang bikin topi, tas,pot,apalah..sampek bangun kesiangan. Mestinya dia berangkat jam 5. Bangun jam 5.30. Nyari paspoto dimana ya?
Ibu: Di stopmap samping piano tumpukan map pendaftaran..dll..dll (ngobrolin APBN baru untuk transport dan jajan anak-anak).
Ayah: Vinda lagi sibuk ngurusin gaji ayah, buat ngisi formulir sekolah, ayah jawab.....,eh dia minta tambah uang jajan! Nah lo!
Vinda: Bu, kakak kan barusan banget makan, masa sekarang makan roti gandum,selai coklat, keju tuebellll..banget!! kalo lagi gak ada ibu kakak makan gak karuan tuh! Marahin dong!! Padahal barusan banget makan ama nasi telor ceplok!


(Beginilah Vinda selalu jadi polisi konsumsi kakaknya. Jangan-jangan kakak kelaparan karena MOS sayang??)

Ibu: Bla..bla..bla...(ngobrolin soal kelucuan viva, sharing kekhawatiran mereka, rada privat..)..Anak-anak masih MOS?
Ayah: Vikra MOSnya dah selesai.Dia dapet peserta terbaik. Dia sendiri gak tahu kenapa. Hadiahnya handuk kecil..he..he… waktu MOS, dia bilang isinya macem-macem. diajarin ngurus sampah. bikin kompos, dll. terus cerita apa lagi ya..:)
Vikra: Ini Vikra hari pertama masuk. Sekelas ama Jalu. Udah banyak temen.
Ayah: Temen-temen baru Vikra juga macem-macem, ada yang dari materdei, don bosco. Vikra PD aja. Ini lagi nemenin Hendro, mbak Ida, Jalu ndaftar. Sukur masih bisa,..Jalu lagi test.
Dia dah dibawa ke Lazuardi, gak suka. Banyak....(off the record).
Ayah: vikra bilang sekolahnya bagus. Lari pagi sekali seminggu dia suka. fasilitasnya dia suka. guru-gurunya, kata dia, juga bagus..

Tentang Vinda:
Ayah: Seragam Vinda dibagi nanti udah masuk. Seminggu pertama pake seragam SD. Ekskulnya Vinda ada tari, paduan suara, kelompok ilmiah remaja, palang merah remaja (PMR), basket, taekwondo. Tebak dia ambil apa? Kalo bener ayah gendong!
Ibu: Basket atau PMR. Gendong!!
Ayah: Gak bisa! Pilih satu!
Ibu: Basket!
Ayah : Salah! Lah ! PMR. Pulang siap disuntik, disuntik anak,disuntik…

Ini kegiatan PMR di sekolah Vinda (foto website SMP1 pamulang)

Ibu: Apa cerita si precil ttg PMR? (diskusi soal Yazid om Viva yg lagi
ujian di jogja)...Gipain??
Ayah: Habis mandi, tadi bangun jam 4! Padahal tidur jam 2-an (pasti gara-gara bola nih-red). Ini mau jemput PMR. Mau disuntik? Rupanya PMR pulang jam 3, naik angkot dia..oh ya ayah nanya, kenapa milih pmr. emang vinda tahan lihat kecelakaan, orang berdarah-darah..
"ya, yang ngurus darah vinda suruh yang lain," katanya..hehe..
Di sekolah, pokoknya gayanya pede banget dah..kelasnya 7.4.
ayah udah minta mereka nulis...
"ya..ya. ya..ya" (habis itu ayah nyerahin ke ibu buat ngrayu anak-anak nulis pengalaman di sekolah). Sms Vinda singkat, jelas dan padat: "masih sibuk"!! Thats it!
yunich1@yahoo.com

Tidak ada komentar: