Rambut, gigi dan pedang Nabi Muhammad di Istana Topkapi Turki

Kami secara khusus meminta izin kepada guru Viva di sekolah Belanda untuk pergi ke Turki, dengan alasan ingin belajar sejarah dari kunjungan langsung ke jantung sejarah kebudayaan Islam di Istanbul. Ini salah satu kota yang juga jadi impian ibu karena disana ada Harem yang dengat dengan study ibu. Ayah memprovokasi bahwa Turki bagus buanget ketika ayah trip kantor setahun sebelumnya. Istana Topkapi Sarayi ini letaknya persis dibelakang Hagia Sofia (atau terkenal dengan Aya Sofia) yang berseberangan dengan blue Mosque atau masjid biru magna karya arsitek Sinan.
Halaman tengah istana Topkapi dengan pohon berlubang sinyal ketuaannya. Viva membelakangi dapur istana Topkapi, menghadap Harem kerajaan Ottoman/dinasti Usmani yang berjaya di Turki ini.
Ini salah satu museum yang menyimpan kekayaan kerajaan saat itu. Pedang khalifah Usman termasuk disimpan di museum yang lebih terbuka. Vikra sibuk mendengarkan audio guide. Dibawah ini adalah koleksi benda-benda pusaka milik Nabi Muhammad SAW yang didapat kerajaan Ottoman waktu penakhlukan Mesir. Semua benda keramat ini diletakkan di ruang "holy relics" disalah satu ruang Istana Topkapi, yang dulunya tertutup untuk publik, dan hanya dipakai untuk ritual sultan saja. Tapi belakangan sudah dibuka untuk publik, tapi antrinya luar biasa dan dibatasi. Kami sendiri karena problem teknis tidak bisa mendekat. Jadi foto-foto dibawah ini bukan jepretan kami.
Ini pedang nabi Muhammad..mistis sekali merasakan dekat dengan sejarah Islam yang dulu hanya kita baca dari buku, dan sekarang kita ada disekitarnya.
Ini kasket tempat menaruh serpihan gigi nabi Muhammad waktu terdesak dan terluka saat perang Uhud...coba bisa dibuka ya. Boro-boro dibuka, memfoto saja tidak bisa...
Ini helai-helai jenggot nabi kita....luar biasa ya pentingnya museum......Good bye Istana Topkapi.
Istanbul, April 2007.

Tidak ada komentar: