Kambing Ganti Seragam: Qurban alternative

Keukenhoff Holland, April 2007

"Nduk, ibumu lagi ngrawat mbah Hadi gerah, wah, eman seragam bocah-bocah TPQ amanahmu nggo korban ndisik kae durung iso rampung, padahal pingin nguyak Isro' mi'raj. Pas digawekke seragam, bocah-bocah podo kemruyuk langsung nambah petang puluh. Bakale sragam apik, digawe nganggo sleret barang".

(nak, ibumu lagi ngrawat mbah Hadi lagi sakit, jadi sayang seragam anak-anak TPQ amanatmu untuk kurban dulu itu, belum bisa selesai, padahal pingin ngejar Isro' mi'raj. Pas dibikinin seragam anak-anak langsung membludak, nambah 40. Bahan sragamnya bagus, didisain pake strip segala).

Itu suara teduh bapak (akung) di kejauhan di Gedawung pas ditelp dari Leiden, sambil masih menggeh-menggeh habis bersepeda melawan angin di Witte Singel.

Waktu om Dan Birchok sobat Amrik kerumah, Vikra ditanya, Vikra sudah korban? Vikra jawab "my mom cannot stand with the blood".

Sejak kecil, ketika hari raya kurban orang senang-senang mau lihat hewan disembelih, ibu pilih memingit diri dirumah. Dalam hati dan pikiran anak-anak saat itu: "kok hewan disiksa dan kita asik nyate-nyate. Kok nabi Ibrahim jahat bisa tega bunuh anaknya? Kok akung yang bukan nabi lebih baik dan sayang ke anak-anaknya?". Agak gede dikit mikir "Kok lebaran berdarah-darah, amis, anyir, sadis, uang dibuangin". Tambah gede mikir lagi: "di Mekah pasti banyak banget sapi-kambing disembelehin, duitnya kalau dikumpulin bisa buat nyekolahin orang sekampungku". Pas tambah tua kepantik statemen: Umat Islam itu rajin bikin megah rumah Allah, rajin korban, padahal sekeliling masjid orang terlunta miskin bahkan menjual keperempuanannya". Semakin kesini akhirnya kami keluarga gg jambu 55 nekad: "uang korban tidak lagi untuk hewan disembelih tapi untuk dana pendidikan mereka-mereka yang membutuhkan. Dari bikin eternit sekolah, SPP anak-anak yang nggak mampu, dan pernah juga ayah Viva ngalokasiin dana korban untuk pembuatan jalan di ruas-ruang gang di Gang Jambu". Saatnya kambing/sapi dibiarkan hepi berhari raya, dan anak-anak yang termiskinkan bisa "pake kambing"untuk ke sekolah.

Weekend, 8 Maret 07.

yunich1@yahoo.com

Tidak ada komentar: