Jawa Tengah Selatan nan Elok



Cieeee...

Tapi bener. Sebagai warga Jawa Timur, kite akui Jawa Tengah bagian Selatan, terutama wilayah dari perbatasan Pacitan sampai Yogya, memang berubah.

Baturetno hanya satu atau dua jam perjalanan ke Pacitan, atau Gunung Kidul. Tapi, setiap kali pulang kampung, kita jarang memilih mengeksplorasi jalur ini. Yang terbayang, hutan, sepi, jalan jelek, dll.

Dari Baturetno, kampung ci-ibu, ke Lamongan, biasanya kita lewat Solo. Atau sekali-kali lewat Purwantoro-Ponorogo. Lewat Pacitan? Tidak pernah.

Sekarang, entah kapan dibangunnya, jalur Batu ke Pacitan, atau Pacitan ke Gunung Kidul, hingga ke Yogya, bener-bener mulus. Kawasan Randu Alas, jalur menanjak, berliku, dan dulunya serem, kini lapang, mulus, dan elok. Melewati jalur yang hanya beberapa kilometer dari arah Giriwoyo ke arah Punung-Pacitan ini, serasa berada di kawasan Puncak. Cieee..

Perjalanan keluarga Gang Jambu akhir Desember kemarin, terasa semakin nyaman karena semua tampak hijau. Dari beberapa titik bukit yang kita lalui, kita juga bisa menikmati pandangan waduk Gajah Mungkur.

Dari Punung ke barat, melewati Wonosari hingga Yogyakarta, pemandangan tak kalah menarik. Anda akan melalui jalur pegunungan yang elok betul. Gunung, lebih tepatnya bukit-bukit kecil di kanan kiri jalan, berbentuk setengah bola, menjadi panorama indah yang sulit ditemukan di daerah lain.

Dari jalur ini, keluarga Gang Jambu akhir Desember lalu, menikmati banyak tempat wisata eksotis: main ombak di Pantai Teleng Ria-Pacitan; menelusuri lorong-lorong indah Gua Tabuhan, dan menikmati indahnya koleksi ikan hias nelayan pantai Kukup dan Drini..

Sayang, nafsu ingin mencicipi belalang goreng atau bakar di jalur Wonosari-Gunung Kidul, tidak kesampaian.. (ayah)

Nb ci-ibu: Cieee...pengakuan jujur!! biasanya pertarungan memperebutkan siapa yang paling adiluhung anatara Jateng dan jatim tak pernah usai..."nyek-nyek'an /ledek-ledekan dimulai dari membandingkan jalan-jalan jateng -jatim. Nyebelinnya jalan-jalan jateng cenderung jelek-jelek, dan pas border Jatim, selalu provokatif, jalan dibuat extrem aspal hitam mulus. Kali ini pas jalan desember ini, Jateng nunjukin gengsinya!! jalan-jalan mulus buanget!! dan pengakuan orang Jatim terjadi!! Makanya rela-relain nyiapin segelas kopi buat pengakuan ini.... :)

Tidak ada komentar: