Sekawan Serasa

Indonesian=International food. Ini dengan kawan-kawan kantor. Imel ibu ke ayah: "Tadi malam diajak keluar ama temen kantor, tadinya semacam undangan balasan dari Fateme Sadeghi temen Iran yang mau balik, tapi ada temen lain juga Sarah dari Berlin dan pacarnya Philip. Pas makan, tiba-tiba males ama menu belanda, pada ngajak makan di resto Indonesia, akhirnya ke resto Surakarta leiden, pada suka banget! Tapi ya bener-bener tak jelasin sejarah dan cerita makanan, sampai geografinya segala. jadi depan pintu itu kan ada peta, jadi cerita deh asal /letak-letaknya, lalu pesan makanan sengaja tak pilihin yang mewakili pulau dan kulturnya, rendang (dari Sumatra, cerita sejarah makanan ini dulu untuk haji dll), semur (Betawi Jawa), Lodeh rebung(jateng/solo), Ikan bumbu bali. Jadi detail cerita setiap pulau. Saking canggihnya jadi guide, gak boleh bayar, ditraktirrr.....ini foto yang pertama di kafe minum teh, trus pindah maem di Surakarta...Btw, Sarah ini baik, kalau kita ke Berlin,disuruh nginep dirumahnya...Fateme ini tokoh perempuan Iran yang ngetop.






Sambal Manado "termahal" dari Jogja sampai Leiden. Ceritanya Lily Ahmad sobat Pabelan (hakim, tinggal di Jogja asli Manado), nanya pingin dikirimin apa ke leiden via Abi yang mau ke Belanda. Nah, seperti dapat angin segar kan? Karena tante Lily ini dulu di Pabelan selalu rutin dapat kiriman sambal ikan roa manado. padahal tante lily sibuk banget, tapi sambal langsung dari tangannya bisa menemani suapan demi suapan ibu di leiden. makasih banyaaakkkk...

"Soal nanya aku mau dibawain apa??he..he..makasih banyak say.... sejujurnya satu yang aku kangenin, sambal kering manadomu itu lho..tapi nggak tahu Abi mau gak dititipin sambal segede indomie.... santai aja say....tawaranmu itu dah bikin aku senang, barang bisa nomor 2, bisa kapan-kapan.....tapi kalau abi mau bawa, ya suka bangetttt!!

Lily: "Soal sambel,,,,,sekarang lagi "fuso cabe", cabe rawit langka,itu juga kalau ada, padahal untuk sambel Manadoku (ceile...) harus pake cabe rawit, dan so pasti susah ada di pasaran, kecuali cabe yang agak besar (tapi bukan cabe keriting). Nanti kalau aku ke kantor Mungkid, aku coba nyari di pasar Borobudur, kadang ada yang bawa dari gunung. Ini juga untung-untungan.Oke jeng....berdoa aja, moga-moga cabenya ada dan adi mau bawa, walau tidak segede dus indomie, tapi segede dus obat nyamuk, hehe...."

"Yun, sudah ketemu Abi? Hehe.....nyuwun ngapunten, aku kemarin buat sambelnya mendadak, pulang kantor baru bisa buat, itupun harus nyari tutup blender yang ketlingsut dimana. Biasa.....pembantuku kalau nyimpan apa-apa, tutupnya di utara, wadahnya di selatan. Mboh!! pake filosofi apa doiku itu. Akibatnya aku habiskan waktu sejam untuk nyari plus bersihkan dapur". (email 18-28 Agt 08)


Sambalnya sudah sampai, langsung aku undang Abi dan satu temenku untuk nyobain rame-rame..enak banget, sampe menggeh-menggeh!! Abi juga suka, waluapun dia menyerah katanya "pedes banget mbak...aku nggak kuat"sambil beberapa kali minum. AKu ama temenku mah nambah terus, sampai kancing celana dilonggarin.


Tinutuan, bubur Manado. Awalnya, ngrengek bilang kangen bubur manado sama tante Sandra, eh... ditengah sibuknya nulis, nyempetin nyelipin janjian masak bareng di castil cantiknya Zoeterwoudse Singel 78. Sedap.... jadi bubur manado ini sehat banget, persis bubur biasa, tapi bumbunya serai dan garam, lalu sayuran macam bayam kangkung kemangi dan konon aslinya pakai daun pepaya,selain itu karbohidratnya juga nano-nano, bukan hanya nasi, tapi ditambahin jagung, singkong dan labu kuning...yang bikin seru, harus pakai sambal segar (biasanya sambal terasi) dan ikan asin. Huhhh...nikmat. Inspirasi menikmati minggu pagi sekeluarga di gang jambu... Ini foto rame-rame tante sandra, tante Lies om Sur, Raisa (lagi asik main sendiri).


Empek-empek & Haring : "mbak, aku mau kesitu, aku beliin empek-empek dari 17-an di den Haag kemarin". Udah berusaha nawar mau ambil kerumahnya, tapi nggak mempan. Jadi udah dioleh-olehin, diantarin.... manja banget nggak sih? empek-empeknya enak, lekker. Bedank tante... Ama tante Lies ini sering juga meluangkan sabtu bareng, dari menikmati haring sampai berlarut duduk di Delifrance...

Shrimp dumpling di New King (NK) Zeedijk Amsterdam. Ini makanan favorit ibu di Belanda, kalau lagi habis ada kelas atau diskusi ama profesor, langsung janjian dadakan (seringnya) ama tante Deasy atau tante Erry dan menjadi tambah asik ngobrol ngalor ngidul. Shrimp dumpling ini juga trick untuk menghadiahi diri sendiri kalau habis lelah nulis. Happy from small thing.. /yc

2 komentar:

Anonim mengatakan...

soal resep, ntar ya say.........biar bisa "pas" tapi seperti kata pengasuh acara kuliner "gula-gula" kalau resep masakan Indonesia, takarannya "kira-kira" aja. hasilnya menjadi "rasa-rasanya"pas! hehe.......... met berwisata kuliner deh, tapi ingat, tuh berat badannya sudah lumayan banyak "bonusnya" kan? alias tambah ndut! hehe....

Anonim mengatakan...

Barusan liat blog gang jambu, kok updatenya tentang makanan semua? Apa gara-gara puasa nih? (15 sept 08)