Obrolan Weekend: Laptop dan Anak Aktifis



Ayah (hari sabtu) : Tadi siang rapat POMG Leci (Labs School Cinere sekolah Vikra), Tgl 4-7 Nop kelas 1 (angkatan Vikra) ada riset trip di Lembang Bandung. Vikra dah nulis, dah baca?

Ibu: Keren tuh. Bagus riset di Lembang. Moga-moga ada live in dalam small group kayak program Al-Izhar di Halimun. Murid-murid tinggal sama petani, pemetik teh, dan membuat report dan refleksi). Ciadek lagi ngapain? Temen-temen sekolahnya pada suka maen kerumah nggak?

(Biasanya dia bawa temen2 sekolahnya kerumah, dan kita dapat kewajiban mulangin mereka satu persatu ke daerah Pamulang 8-10 kilo. Tapi ya kita layani aja, sekalian njalin keakraban sama orang tua temen-temen dia. Di jalan juga bisa fun ndengerin bocan-bocah ABG itu ceriwis pada cerita. Buat ortu penting untuk melihat emotional intelegence anak dalam berkawan, dan melihat progress mereka. Pernah kita dengar anak-anak itu menggosipkan temannya yang sok, atau perasaan mereka waktu ranking turun..dll. Pulangnya biasanya nglanjutin ngobrol ttg sikap-sikap itu)

Vikra: Bu, Udah baca tulisan Vikra belum? So?

Ibu dah baca, bahasanya mantap..isinya kayak aktifis, kritis tapi fun. Wah kalo gini emang layak dapat laptop. Tapi rajin nulis yak. Test.. nglanjutin compliment via Hp ayah kemarin... Hanya ada satu kata "hebat". Ibu suka eui bacanya. Dah 7 kali ibu baca. Bahsa Inggris dan logikanya ngalir. Lanjut maaangg.. Dah dapat kan laptopnya gak sampe sehari?

Gipain yak? Ditelp susah kalleee. Ya udah kalo gak papa. Vinda lagi keluar ama temen-temennya. Vikra nunggu komentar tulisannya..entar ayah telp kalo dah ada Vinda

Masak? Coba lagi yang..Barusan masuk rumah..sabtu biasanya berisik ada tukang (ibu mojok di kafe bawa kerjaan sambil jalan moto-moto).

Ibu (hari minggu) : Yayangkkkuu... kok gak ada respon? Sms komen ttg Vikra masuk gak? Emang enak dibilang nggak adil? Kita didemo dengan cara fun sebenernya dengan kalimat Vikra"; "I want it, I demand it and I have my rights. I have my arguments..." bahasa aktifis banget. Great yak!!

He..he.. ayah speechless..cieee..Dia show of force lah pokoknya. Bahasa Inggrisnya bagusan mana? jujur?

Bagus mana ama native speaker (maksudnya ayah dijulukin Native sama om Awan gara-gara ke Amrik dulu). Jujur! speechless juga. Dia dah pegang itu laptop? Apa komentar dia dalam hitungan hari dah dapat laptop?

(Sebetulnya sejak 2 bulan lalu kami dah rencana beli laptop, tadinya mau yang mini, tapi akhirnya yang laptop normal. Tapi kami nggak mau anak minta langsung ada. Jadi ayah udah beli tapi diumpetin dan minta Vikra nulis dulu kenapa perlu laptop. Selain diskusi bendanya, kami sempat diskusi perlu nggak dibilang ini milik siapa atau siapa? Sebelumnya kami juga beda pendapat soal Vinda yang dibeliin motor. Ibu strongly against/menolak sikap ayah yang menggampangkan ok waktu Vinda bilang itu motor Vinda (padahal sebetulnya motor bersama). Karena Vinda ada kecenderungan suka dengan kata "punya" dan takutnya dia berbangga dengan temannya, dan teman2nya akan "pingin"dan menuntut orang tuanya yang barangkali nggak semua mampu. Jadi intinya sikap Vinda jangan disuburkan. Tapi ayah punya argument lain, bahwa itu sekedar fun tapi juga jelas untuk sharing tanggung jawab. Kalau itu merasa punya dia, maka dia akan tangung jawab rawat, bahkan kata ayah Vinda mau cuci motor segala. Ayah ngeledek..katanya emang ibunya pernah cuci motor/mobil? Lha wong gak punya sense of belonging je....

Ayah: Ini lagi di lapangan badminton. Seharian minggu di rumah. Beresin laptop. Udah bisa internet. Vinda sibuk ngrefrienster. Kakaknya download komik. Hallahhh. Vikra senyam-senyum gak jelas. Dia puja puji laptopnya bagus. Tapi justeru Vinda yang make melulu.

Lho laptop apple yang baru dibenerin katanya dah dikuasai ndoro putri menis-menis. Kok sekarang expansi punya kakaknya lagi?

Iya karena i-book Apple (yang rusak dan habis dibenerin di Jogja berbulan-bulan) gak bisa ngenet... wis pokoknya sibuklah dia. Gak tau friensternya kayak apa...

1 komentar:

Hari mengatakan...

Ibu: Keren tuh. Bagus riset di Lembang. Moga-moga ada live in dalam small group kayak program Al-Izhar di Halimun.

Mohon maaf, darimana anda mengetahui info live in al izhar di halimun. Terima kasih.

http://hariprasetyo.org