Weekend: Belajar Bertaman






Istirahat adalah perpindahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Menerjemahkan weekend dengan semangat itu, ayah ibu bertekad merombak taman belakang tanpa tukang. "Bener nih yah kuat nyangkul-nyangkul?". "Bisa-bisa!!" begitu yakinnya ayah pas ibu tanya (walaupun esok harinya kami ler-teler). Yang jelas pohon pisang rimbun belakang, separuhnya kami bongkar karena Vinda sering komplain kegelapan dan terlalu lembab sampai boleh dikatakan gelap.
Pas sabtu kami mulai cari kembang sekitar rumah gang Jambu, karena memang Sawangan adalah centra tanaman. Tips mencari tanaman/bertamandari pengalaman kami; 1. Ini tips lucu, tapi boleh dicoba... survei dulu harga kembang yang kita inginkan, kalau pas survei kami menghindari pakai mobil, karena tukang tanaman sendiri (tetangga) bilang: "kembang ini kalau dijual ama yang bersedan bisa 50 ribu", padahal kami beli dengan motor cuma 10 ribu. 2. Tips berikutnya, kalau sudah tahu harga, kami memilih tidak beli pinggir jalan, kami biasa beli ke petaninya langsung yang notabene tetangga. Petani untung karena dapat harga lebih tinggi dibanding dijual ke pedagang, dan kitapun juga bisa dapat harga miring. Kalau pembaca gangjambu mau cari tanaman, kami bisa recomend petani-petani yang kami kenal dan ada di dalam-dalam. 3. Pilih tanaman yang ramah bumi; penyerap pollutan (macam sanxieviera), tidak manja dan haus air, juga pilih yang daunnya tidak mudah menyampah. 4. Idealnya pilih yang bisa untuk apotik hidup, misalnya kumis kucing, sirih untuk rambat, pandan, daun honje/kunyit/jahe/..sayang kami baru bisa koleksi beberapa, karena memanfaatkan tanaman yang sudah ada. 5. Bagus dalam pot, sehingga moveable, kalau bosan bisa ganti posisi.

Alhasil taman belakang beda tampilan, dan puasnya karena dikerjain sendiri sampai disain landscapenya-pun sendiri. Vikra sibuk jadi supir pembawa tanaman, Vinda buat cake yang uenak yang disantap sesudah melahab baso buatan sendiri juga. Hmmm...keep creative for your weekend and enjoy your happiness from a little thing !!

Tidak ada komentar: