Sedapnya Hari Ibu

"Pokoknya pulang sore!!" suara merajuk sepihak si gadis kecil dari kejauhan. Nggak biasanya nih anak pulang agak telat tanpa kasih alasan jelas, kayak ada yang ditutupi...mengernyit sejenak,pasti!! Jam 5 sore dengan wajah capek tapi berbinar dia mengulurkan sesuatu: Nih, buat Ibu... inikan hari ibu, tadi bikinnya ditempat Risti, patah-patah melulu". Ci-ibu jelas kayak kesedak, Vinda yang luarnya nggak romantis, pragmatis... tapi sebetulnya dia sangat perhatian dan mau susah untuk menyenangkan hari-hari spesial orang-orang yang dicintanya dengan caranya sendiri. Rupanya dia sudah buat buah karya dari sabun yang diukir dengan tulisan " I love you Mommy ".

Itu beberapa tahun lalu, Desember kemarin dia membuat surprise rangkaian bunga yang dipetik dari pekarangan rumah, dirangkai dengan manis dan tanpa espresi berlebih dia ulurkan ke ibunya: "bu, ini udah jadi" sambil tersipu mahal nggak mau wajahnya terlihat. Lalu ada kartu putih dari kartun seadanya bertuliskan 3 ungkapan.

Vikra:"Selamat hari emak...I lop yu, emak..your existence in this world bring happiness to my heart. When u'are close, I feel warm. Once again, happy emak's day.. -Vikra-

Vinda: Happy mother's day... Love u mom !!! :) -Vinda-

Ayah: Ibu adalah cinta! Selamat hari Ibu! Cintaku! -ayah-

Hmmm....jadi pingin hari ibu tiap hari...

(Sori telat upload.... Sekilas info ttg sejarah hari ibu/perempuan. Pasti sudah pada tahu bahwa hari ibu dimulai sejak tahun 1959, tetapi tanggal 22 Des adalah hari kongres I Perempuan Indonesia 1912 di Jogjakarta, saat nasionalism bertumbuh beriring dengan sumpah pemuda. Komitmen perjuangan perempuan disamping sinergi dengan nasionalism-anti kolonialisme, juga mengangkat isu-isu progresif seperti anti perdagangan perempuan, anti poligami (menjadi debat serius) dan terlibat dalam gerakan perempuan internasional. Hari ibu menjadi menyempit dengan icon kebaya dan ibu tradisional terkristal pada zaman Orde Baru, karena politik depolitisasi gerakan perempuan menjadi gerakan sosial keagamaan saja. Kalau hari ibu di Amrik biasanya jatuh bulan Mei hari pas minggu kedua...Lain kali dilanjut ya...)

Tidak ada komentar: