Spiritual Journey ke Negeri Mandela

Nelson Mandela? Pasti tahu! Icon bapak bangsa Afrika Selatan pelopor gerakan anti apartheid yang menghabiskan 35 tahun di penjara. Di gereja Regina Mundi inilah gerakan anti apartheid bersembunyi dan melakukan resistensi. Sisa-sisa bekas tembakan dan perusakan yang dilakukan polisi kulit putih masih utuh diabadikan. Mengunjungi Afrika Selatan (untuk conference) memang suatu perjalan spiritual tersendiri.
Museum Hector Pieterson, bocah 13 tahun yang tewas dalam aksi menentang Apartheid (pemisahan kulit hitam dan putih). Hector dan teman-temannya demostrasi menentang pewajiban penggunaan bahasa Afrikaan, yang dianggap sebagai pembodohan terhadap murid kulit hitam agar tidak melek bahasa Inggris atau Belanda sebagai bahasa elit kulit putih. Ibu dan panitia sobat-sobatdari Afsel.

Ini salah satu gambaran gerakan anti apartheid yang direkam dalam museum di gereja Regina Mundi (lantai atas). Menariknya foto-foto andil gerakan perempuan juga ditonjolkan, ada Black Sash, and Violet pemimpin trade union juga diapresiasi.

Bunda Maria berkulit hitam: Black Madonna, Black bunda Maria. Madonna adalah bahasa Italy yang artinya perempuan, tetapi dalam tradisi gereja juga untuk menyebut bunda Maria. Di Regina Mundi, bunda maria digambar berkulit hitam, menarik sekali, bentuk perlawanan kulit hitam terhadap dominasi kulit putih dan akulturasi kristen untuk membumi.

1 komentar:

Rudi Utomo mengatakan...

wah..., tak kiro ponakane Nelson Mandela..., he.., he...