Lebaran berceria-beriang

Dengan tante Erry di wisma Dubes RI Wassenar: saling menemani berlebaran sejak malam takbiran hingga sabtu malam

Suasana didepan masjid Al-Hikmah Den Haag. Sholat Ied dengan aneka warna kulit


Leiden, 14 Oct 07.
Ayah sms ibu, suruh nerusin nulis versi yang mengharukan...Ibu juga tadinya berfikir akan sedih banget lebaran centang perentang begini, karena baru pertama kalinya anak-anak berlebaran tanpa salah satu dari kami. Mau nelp malam hari dari Belanda, berarti pada belum bangun, jadi sms dulu ke Viva di Solo:
"Adik kakak, Saat lebaran berjauhan begini, pasti sedih. Tapi kita berempat saling sayang. Maafin ibu kalau ada salah ya. Ibu nelp nanti pas pagi, peluk erat".
Dilanjut dengan sms untuk suami:
"Sayang..unik lebaran berjauhan begini. Ingin mencium punggung tangan sambil memohon maaf. Love".

Vikra Vinda tidak membalas (biasa, mereka pualing mualas sms), tapi ada sms ayah:
"He..he..bangun jam 6 jregal mandi..msh dpt sholat ied di lapangan Sawangan, dst.....(sms lanjutannya rahasia, yg jelas mengahrukan dan enak dibaca berulang-ulang).

Telp Vikra Vinda yang semula akan sedih, udah bela-belain pindah kamar sebelah biar tante Erry yang nginep dirumah tidak nglihat, eh..suara Vikra disana malah becanda ngomong gado-gado: "ibu, punten..kulo.. if I have a mistake, minta maaf". Dia cerita maem berkali-kali, sampai 5 kali lebih, masakan uti (ibu/uti penerus setelah uti kandung wafat) enak. Vinda nggak kalah ceria; Ibu..minal aidin wal faizin ya". Trus apa lagi sayang..dengan entengnya dia bilang": "lho, orang-orang begitu juga udah cukup". Ha..ha...dia lanjutin cerita ttg sepupu2nya Yufa Aqief yang lucu-lucu. Ibu telp semua, dari akung Uti, Om Daris Tante Wori omMacan (om Ahsan). Om Ahsan juga sms lucu-lucu:
"Td siang ada cerita lucu, pas mas Into (sepupu,ketua FPI-Solo) datang kayak biasane pada langsung ganti konstum. Krn mas Into mertamune suwe, kita-kita pada boring. Siang ora biasa kita lakuin kt jalanin buat ilangin BT nyambut dia. Apakah itu? aku karo mat Dais "moteki jagung neng pawon". Sak omah podo gergeran :D".

Hari Sabtunya pas di telpon juga pada nglucu, kata Yufa, si Aqief adiknya habis minum air kolam. Pokoknya pada asik lebaran ditempat akung utinya. Ayah yang di Sawangan nggak kalah seru, sibuk nglayani mandor Betawi kaya istri 2 yang ngrayu minta THR, Nian dekat danau yang minta serupa..ayah pusing, padahal kita prioritasi untuk yang fakir miskin (janda miskin, orang tua) atau tetangga macam hansip, tunanetra dll yang memang perlu dibantu.

Tapi ayah juga asik cerita via sms: "ayah dapat kiriman dari bude, ketupat,opor, soto, semur, daging,,lengkap. Jadilah lebaran juga. Mau?". Bude ini tetangga sebelah rumah lama kami di gg jambu juga. Orang nyebutnya bude P&K.

Di Belanda juga gak kalah seru. Sejak malam takbir sudah ngumpul ada undangan buka puasa di tempat mbak Emmy Kahar, hmm dendeng baladonya terekam dilidah berhari-hari. Karena tidak bisa sholat Ied esok paginya, akhirnya sampai di Masjid Al-Hikmah Den Haag cuma ikut didepan pintu saja dengerin takbir, itupun setelah udah hampir kelar, karena prioritasin mereka yang memang sholat. Jamaáh dibagi dalam 2 kloter, mungkin total jamaah ada 600 orang atau lebih. Kebanyakan memang dari Indonesia, tapi aneka warna kulit dan ethnik ada rasanya. Ketemu dg temen-temen Indonesia yg menikah dengan orang Belanda. Kalau suaminya bule, para suami ini ada yang cuma masuk Islam pas waktu nikah aja, ada yang datang pas sholat ied, tapi juga banyak suami bule-bule itu yang puasa sampai full, rajin sholat, bahkan suami bu Wati akhirnya jadi muballigh. Jadi apa alasan ajaran Islam melarang perempuan kawin sama non muslim hanya karena takut perempuannya lemah? Bukti disini sebaliknya! Perempuan banyak yang menarik suaminya menjadi orang muslim yg baik. Ada juga sih yang pakai di ultimatum, kalau mau nerusin pacaran, ya masuk Islam!! Dan mereka nurut! ha..ha..habis sholat Ied banyak ketemu pasangan yang macam-macam ini. Ada bule pake baju koko, topi haji, ada bule perempuan pakai baju muslim bordir, ada yang ala Iran. Ada orang Indonesia yang dingin-dingin nekad pakai kebaya transparan..pokoknya seru juga.

Setalah sholat Ied ketemu Yani, Sandra, sobat tante Erry di Indover yang dikenalin ke Ibu dll, akhirnya Sandra dan bang Meno suami Belandanya ngajak ibu dan tante Erry ke Wisma Dubes RI di Wassenaar. Salaman ama dubes dan dijamu makan dihalaman belakang dengan lontong, lodeh,gulai daging, ayam panggang, telur pindang, acar, sambal, kerupuk, dan snack2. wow penuh sekali. Habis itu ketempat Yani temen tante Erry dan ibu juga jadi temenan, disitu makanan macam-macam dari rendang, sambal goreng ati, opor, ketupat dll. Jam 3 janjian sama Abi, putranya Mansour Fakih yang mirip ama Vikra. Kami mau ketempat Dewi Suralaga-Pieter Van Tuijl dengan putranya Irvan. Disitu kami makan lagi..Jam 9 malam pulang ke Leiden dengan tante Erry yang nyusul ke tempat tante Dewi juga. Sampai di Leiden tante Erry langsung tempat Raisa dan ibu pulang ke rumah jalan kaki karena bus 28 tdk ada. Besoknya hari Sabtu, tante Lies bikin acara juga, masakan enak semua, sayang Raisa lagi sakit giginya mau tumbuh
Intinya makan-makan lagi lagi dan lagi..wow..gendut,ndut!! padahal besok hari minggu juga ada undangan lagi. Tapi stop! No more! Intinya lagi lebaran kali ini walaupun bercerai berai tapi akhirnya berceria berriang semua. alhamdulillah!








2 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak yuuuniii...akhirnya potoku nongol juga di blog mu, setelah pake ngancem segala...(hehehehe mumpung lebaran donk, dimaapin donkss ancemannya). Potonya bagus, maklum lah, modelnya juga tokcer.BTW gile juga ya kita weekend kemaren makaaaaannnn mulu. Believe it or not, minggu kemaren aku juga cuma ngabisin makanan dari lilis, malam ini (senen) halal bi halal lagi di Indover. Hmm..I miss the people there. OK mbak yuni, keep filling in your blog ya..esp. with my picture yah, sekalian numpang ngetop gitchuuuuu....

Anonim mengatakan...

Emi jadi tersanjung dengan kesan mbak Yuni tentang dendeng baladonya. Soalnya baru kali ini ada yang muji habis..