Sambal Goang



By: Vandana Mernisi

Biasanya kalau wiken kta makan di rmh makan, salah satu favorit kita di rmh makan Gandi* yang ada pecaknya. Tapi kalau disitu ibu mesen sambel goang terus. Vinda blm prnah nyobain. Br blm lama ini Vinda nyobain, rasanya enak ternyata. kata ibuku, dulu waktu hamil Vinda, ibu suka mual, bisanya makan pake sambel goang itu. Trus ibu manggil pelayannya (empok waiter Betawi),nanyain resep sambel goang. Katanya pake cabe rawit, asem muda, garam doang.


Kalo malam minggu kmren, Vinda ama keluarga keluar mkn di Pondok cabe tmpat nasi uduk enak **, disana banyak yang jualan buah-buahan. Trus habis makan kta beli jeruk Bali. Harganya beragam-ragam, ada yang 10 ribu 3, tapi kcl-kcl. Ada yang 5 rb satu, yang paling mahal 8 rb satu. Yang 8000an itu gede-gede. kta beli yang 8 rb satu. Trus kita pulang mampir beli martabak. Martabaknya enak, dulu sih rame, skr sepi. Nggak tau kenapa. Sebenernya toppingnya enak, tapi lapisan adonannya krng lembut. Trus kita pulang, tapi bannya kempes, mampir ke tambal ban. Nyampe rumah buka pintu ada Melon (kucing) nungguin depan pintu. Ini kebiasaan Melon, kalo nggak ada orang, dya nungguin kta-kta didepan pintu terusss.


Ket tempat (note ibu)
* RM gandi di pintu masuk Sawangan Golf (200 meter dri perempatan Bj Sari ke arah Depok).
** Nasi uduk Betawi di pintu masuk geria Muliatama Jl Raya Gaplek -Pdk Cabe, sisi luar airport Pelita Air service Pondok Cabe

Tidak ada komentar: