Sampah indah : daur ulang

Lilin minyak goreng: Punya gelas kecil souvenir? atau gelas yang pasangannya pada pecah, atau botol kratingdaeng? Saat mati lampu, benda-benda ini bisa dimanfaatkan., Cukup dengan isi minyak goreng, beri sumbu dan pengait sumbu yang mengapung dan tahan bakar. Jadi deh lilin atau lentera alternatif. Kalau gelasnya transparan, bisa diisi dengan batu kerikil, kelereng warna warni atau benda menarik lain yang tahan api. Listrik boleh mati, tapi rumah jadi romantis hangat.


Tudung makanan dari kain bekas: Baju kesayangan rusak salah setrika? marah dan nyesal tak ada guna. karena bahannya masih bagus dan menarik, dibuatlah tudung makanan ini. Jadi tudung keranjang plastik yang sederhana, dengan diberi cover ini menjadi berbeda. Apalagi kalau di neci/wallsum yang serasi, pasti tambah menawan. keuntungan lagi, serangga kecil dan debu juga tidak bisa masuk (pas difoto ini belum selesai, karena idenya jambul atas itu berbentuk bunga yang dineci warna kontras).

Baju kucing dari kaos bekas: Ketika kaos sudah melar, berubah warna atau leher sudah keriting, paling banter buat lap pel dan turun derajad jadi gombal. Tapi gombal juga bisa naik derajad jadi sesuatu yang fun. Ini gombal kaos yang disulap jadi baju kucing lengkap dengan celana yang didisain sendiri. Baju kucing kalau beli di petshop harganya minimal 40-50 ribu. Dg buat sendiri ini tinggal di obras/neci dan disulam/bordir dengan nama kucing Kuba, jadi sporty dan seru. Cukup dengan 8 ribu sudah jadi baju kucing yang cantik. Bahan kaos juga bisa dipakai untuk boneka. Asal kreatif mendisain..jadi benda menarik juga. Kalau punya kaos kesayangan oleh-oleh dari travelling luar negeri atau kado kenangan, walau rusak lehernya,salah setrika atau sobek kecantol, selamatkan dg gunting bordir/sablonnya lalu tempel di kaos baru yang lebih berkwalitas. Kalau sablon sudah memudar, bisa dibordir ulang di tukang bordir.


Alas piring "Batik": Kertas kado yang sepele juga bisa jadi alas makan. Kebetulan ini dapat kertas kado motif batik, lalu dibuat dua sisi dan dilaminating, hasilnya sering menipu mata, dikira dari kain batik. Kalau mau kreatif lagi juga bisa dari daun atau bunga yang dikeringkan, atau cap tangan, foto dan dilaminating. Dijamin cantik asal kreatif.

Tempat pernik dari kardus bekas: Kardus dibuang? sayang!! Manfaatkan untuk tempat pernik, surat atau box file dari dokumen-dokumen kita. Lalu bungkus dengan kertas kado yang menarik dengan diberi pernik. Hasilnya? Ini buah prakarya Vinda untuk recycle.

Jadi ketika minggu sambil ngumpul ngobrol atau nonton TV, tangan jangan diam...buat sesuatu!! Alam juga tersenyum karena tidak dipaksa menelan sampah menggunung tiap hari. Tapi sayang di gang jambu ini sebagian ada yang kreatif, tapi ada satu orang yang penikmat dan cukup bilang "bagus..bagus...enak..enakkk".

Tidak ada komentar: