Unik !! Puasa dan Sholat di Negeri Orang

Puasa di Eropa saat musim dingin uenakkk. Bisa sangat pendek waktunya, sahur jam 6 masih gelap, dan buka jam 4 sore... tapi juga siap-siap kalau puasa pas musim panas, sahur jam 1 pagi, buka jam 10 malam bisa terjadi.

Masjid banyak yang bekas gereja. Salah satunya masjid Al-Hikmah Den Haag ini, dulunya dibeli konglomerat Indonesia, dan gereja disulap jadi masjid.

Kalau winter, sholat paling rumit, karena kita harus pakai mayo (stocking tebal yg berbentuk celana sekaligus kaos kaki ), wah kalau wudhu harus dibongkar semua... tantangan.

Waktu ibu di mekkah, ada nenek2 satu group yang terheran dengan sholat mengitari ka'bah di masjidil haram, "neng, sholat di mekah mah acak-acakan nya....kalau di Indonesia teh rapi, menghadap ke barat semua, lamun disini teh kunaon atuh orang menghadap ke tengah semua, tidak rapi". Tidak sadar bahwa arti menghadap kiblat ya artinya menghadap ka'bah yang guede didepannya. Pemahaman kiblat adalah barat ini , juga menjadi kebingungan orang Suriname yang aslinya orang Indonesia yang dibawa belanda ke negeri di ujung atas Amerika selatan ini. lalu orang2 Suriname ini sekarang banyak yang tinggal di Belanda. Karena pindah-pindah ini walopun beda generasi, mereka masih bersikukuh kiblat ala Indonesia. Waktu di Indonesia berkiblat ke barat, pas di suriname, mustinya kiblat kan ke timur laut, tapi mereka ngotot ke barat juga. Lalu pas orang Suriname ini pindah ke Belanda, kiblat kan harusnya ke tenggara, tapi mereka bersikukuh ke barat juga. Menarik kan? sampai ada satu teman bilang, kenapa pusing dengan kiblat, dunia bulat, jadi menghadap kemanapun akan sampai kiblat juga.


Sholat pakai mukena putih, rasanya hanya sebagian kecil negara Islam macam Indonesia salah satunya. Kebanyakan sholat negara2 muslim lain yg penting menutup aurot. COba amati waktu ke Mekkah, orang Marokko pakai kain panjang warna-warni, orang Arab pakai abaya dan kerudung yang dipakai diluar atau kain yang diubel-ubel. Waktu di Michigan sholat Ied, juga orang Afro-Amerika (jangan pernah pakai kata negro, karena itu sensitif dan merendahkan) pakai penutup kepala untuk menutupi sanggul menggunung seperti tumpeng. Dan sholat jadi warna-warni seru...

Dari riset ibu ttg ABG muslim Indonesia yg ada di Belanda, banyak yang minum wine, dan wine diluar kan banyak yag kadar alkoholnya rendah tidak memabukkan. sholat bolong-bolong, tetapi puasa sangat rajin dan sangat disiplin tidak makan babi. jadi itu penerjemahan muslim yang paling enteng. Pas ditanay kenapa masih minum wine? jawabnya, karena itu bagian dari etika..setiap pesta dan ceremoni atau dinner, selalu disediakan dan gak nyaman menolak katanya. tetapi negeri seperti Belanda memang memberlakuan masyarakatnya rasional, minum dan mariyunana dibolehkan tetapi kadar dan pemakaiannya sangat ketat. Jadi ABG mabuk sangat jarang.. pemabok kebanyakan homeless (mereka yang tidak punya rumah) lemparan imigran dari negeri tetangga.


Yang juga unik, saat idul Fitri tahun lalu, ada anak ABG bule muslim bawa anjing ke masjid. tadinya mau dibawa masuk, tapi dikasih tahu tidak boleh, dititip diluar dan begitu salam langsung lari ngambil anjingnya....

Banyak bule yang masuk Islam karena perkawinan, dan asumsi laki-laki muslimlah yang boleh mengawini non muslim biar bisa masuk Islam, ternyata tidak selalu benar. Dari forum-forum bule muslim, justeru masuk Islam karena istrinya. bahkan ada mubalig bule terkenal, menjadi muslim yang baik karena terbimbing istrinya.

Tidak ada komentar: