Puasa masa kecil

Nulis bareng yuk!! Inilah pengakuan-pengakuan dosa puasa jaman kanak-kanak kami. Kesan lucu, seru, buadung dengan jujur dibuka :).
Vikra : Seinget gw, puasa itu ajang ngurusin badan. Hikmah sama pahalanya sih gak mikir-mikir amat waktu gw kecil. Kadang beberapa kali tarawih cuma ikut sebentar dan sisanya dipake sama temen-temen main petasan. Yak, bulan puasa juga identik banget sama yang namanya petasan. Gak lengkap bulan puasa tanpa denger "Ctaar!", "Degeer!", dsb. And also, what I love the most put of Ramadhan is mostly spending the magnificent Lebaran at my grandpa's house. It's full of wonderful and decent Lebaran meals. And I can eat all I want.

Ayah : bulan puasa, jaman masih sekolah sd di bluluk-lamongan, ya berarti mondok full di mesjid. rundownnya: habis sahur, udah di-obrak disuruh ke mesjid. kalo leyeh-leyeh di rumah, takut subuhnya bablas. habis sahur, ngeluyur. biasanya sudah ada mobil colt bak terbuka --ini satu-satunya mobil yang ada di desa waktu itu-- parkir depan mesjid. lalu bareng-bareng --biasanya sampek bersepuluh-- kita nyengklak ikut ke "njoblak". ini kali kecil agak keluar desa. tempat kita-kita mandi, sekaligus mandiin mobil colt itu..

gak dibayar. kita bisa ngerasaain nyengklak mobil aja udah suennengg..!

siang abis sekolah, ya ke mesjid lagi. bukan apa-apa, tidur siang paling nikmat, ya di mesjid. mesjid bluluk ini emang adem tenan. lantainya sekitar 1,5 meter dari tanah. bangunannya tinggi pula. empat tiang jati "ungkul" maksudnya bukan sambungan, yang menopang mesjid ini, gak cukup dirangkul dua tangan. tingginya? waktu itu kerasa tinggi banget lah.. :) mungkin sekitar 20 meter.

suatu siang, saat tidur abis lohor, kepala serasa diobrak-obrak. sakitnya ampunn. kite langsung lari, meraung-raung. bapak-ibu bingung. lalu dibawa ke mantri kesehatan --adanya mantri, bluluk tahun 70-an itu belum terjamah dokter.

Pak Slamet, si mantri ini, langsung ambil senter. Sasarannya kuping. "Lha iki kupingmu klebon semut Fik!"..

itu kite juga udah tahu. "Terus gimana ngeluarinnya Pak?"..
"Yo embuh!"... --Ya gak tahu!"

Wallah..Mantri semprul..!

Ntah karena saran siapa, kita lari balik ke mesjid. Langsung ke tampat wudlu. Ambil air digerojok ke kuping yang ada semutnya. Kepala digoyang-goyang... Didiemin. Nah, kok gak ada yang ndobrak-dobrak lagi..

Beberapa kali digerojok air dan digoyang-goyang, dan dikeluarin lagi. Semut item sialan itu akhirnya keluar juga...


Vinda : dulu vinda kalo ramadhan paling semangat terawehnya doang.. jadi bisa jajan sama main.. kadang ssuka juga teraweh, tapi sebelumnya beli jajanan dulu buat persediaan makanan. Kalo lagi pada solat vinda sering sama temen2 masih pake mukena makan2 ciki sama es cepek an. weleh2 mantep beeuud. terus kalo terawehnya udah selese, lipet mukena nya tuh digulung2 mirip bedongan bayi. trus main ibu2an gendong anak gitu. hahaha. (buuuuuu. nih udah selese. nonton tipi lagi yak.)

Ibu : Ghhllleeerrrrrr! Ghleeerrrrrr!! terngiang kuat suara itu hingga kini, suara dinamit pemecah gunung-gunung untuk membuat waduh Gajah mungkur. Biar orang tidak marah, dibunyikannya sebagai penanda buka puasa. Orang jadi riang, lupa telah tergusur. Langsung begitu dengar suara itu orang gembira berlarian menyerbu meja makan.

Namun ada ritual asik jelang itu, kami anak-anak sebaya sering berjajar disamping rumah mbah kakung, menghadap ke barat menyandar ke tembok dan memendeliki matahari, menghitung rambat detiknya hingga merayap menghilang. Kami berlomba kuat-kuatan tidak berkedip memelototi matahari. Mata sampai merah hati berair dikira habis menangis 4 jam. Luccuuu...Lalu begitu matahari lenyap, tersusul suara dinamit tadi , sebagai pemungkas puasa kami.

Masa kecil selalu menyenangkan. jam 5 sore ibu (aku) sudah rapi. Uti selalu bilang "wah, anakku wis thinis (rapi cantik). Iki diaturke neng mbak daleme mbah kakung putri etan kulon". Siap-siap deh menghantar lauk rutin ke dua pasang kakek nenek, lengkap lauknya dari sayur hingga lauk amis-amisan (begitu ibu menyebut protein hewani). Kalau kuat kami bersepeda menanti senja. Jadi, bedak yang miduk-miduk tidak rata sebagai tanda sudah mandi, bercampur keringat dan debu selalu membuat sore menjadi asik. Kadang bersepeda jauuh sampai Polaman atau Munggung kurang lebih 3 km, jauh untuk ukuran kaki-kaki kecil dengan jalan menanjak berbatu itu. Ingat sekali, dengan sepede mini hijau berkeranjang putih didepan, terlihat manis dan mewah sekali sepeda itu dimasanya, khususnya untuk ukuran kampung kami. Teman-teman mengantri saling pinjam, dan sangat mengasikkan.

Lalu kalau sahur jalan pagi sampai jauh juga, ngobrol dan tertawa dengan 4 sobat karib, dik Iie, mbak Lies, mbak Hepi... pulang kerumah sudah langsung haus lapar, padahal mataharipun belum terbit. tapi kok ya kuat ya... Sepanjang siang, anak-anak cowok main Long (bom bambu yang diisi minyak dan dinyalakan dg api). Saling berlomba, yang membuat Ramadhan menjadi seru. Petasan cabe juga bertebar, pemicu perang antara anak-anak/remaja versus orang tua. Siap-siap orang-orang tua di kampung kami mengomel kaget dan yang muda-muda cerah bersuka.

Ketika terawih, sambil menunggu adzan, asik menikmati bakwan sambel-nya lek Warti pedagang yang rumahnya nempel masjid, cukup dengan bekal 5 rupiah saat itu yg setara dg 5 rts rupiah kini. Satu bakwan habis, langsung masuk masjid ikut nembang puji-pujian yang di Jawa-kan, dan lanjut dg sholat terawih yang biasanya 8. Yang paling mengesan lagi, kalau capek, posisi sholat dimodif, berdiri bertumpu dengkul, tujuannya biar tidak capek. Kami menyebutnya sholat setengah. padahal kalau dipikir, bukannya itu lebih capek...tapi itulah anak-anak.... sedap dan lezat!

2 komentar:

mokee chan mengatakan...

bentar lg puasa mbakyu

mokee chan mengatakan...

bentar lg puasa mbakyu